PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENGAMALAN BELAJAR AGAMA SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 AUSTANDING KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Aprianto, NIM. 622017056 (2021) PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENGAMALAN BELAJAR AGAMA SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 AUSTANDING KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017056_BAB I_D DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
622017056_BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR AGAMA SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 AUSTANDING KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR Oleh : APRIANTO Latar belakang Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian adalah bagaimana peranan orang tua dan pengamalan belajar agama siswa di SD Negeri 04 Austanding Kecamatan Pemulutan. Penelitian ini dilatar belakangi peranan orang tua terhadap pengamalan belajar kelas VI di SD Negeri 04 Aurstanding kecamatan pemulutan.? Mengenai upaya penanganan anak yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung, beliau mengatakan bahwa sudah dilakukan upaya untuk menangani masalah tersebut, dengan mengajar menggunakan berbagai metode dan media. Namun, usaha tersebut masih belum berhasil untuk membuat siswa semangat mengikuti pelajaran. Hal itu di sebabkan kurangnya motivasi dan perhatian orang tua, orang tua hanya menyerahkan semua tanggung jawabnya pada sekolah dan tidak ikut serta dalam membina dan memperhatikan anak anaknya. Dengan alasan orang tuanya sibuk bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup,dimana pekerjaan orang tua siswa dominan pedagang yang harus bekerja dipagi hari Rumusan masalah penelitian ini dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti yaitu ? bagaimana perana orang tua terhadap pengamalan agama siswa di kelas VI di SD Negeri 04 Aurstanding Kecamatan Pemulutan. Apakah penunjang dan penghambat belajar Agama siswa kelas VI DI SD Negeri 04 Aurstanding kecamatan pemulutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa kuantitatif dengan dengan mengunakan rumus persentase. Kesimpulan penelitian bahwa peranan orang tua terhadap pengamalan belajar agama siswa di SD Negeri 04 Austanding sudah berjalan dengan baik dan dalam hal ini orang tua telah menjalankan peranan nya dalam proses pendidikan agama Islam di rumah. Dan Faktor faktor Penunjang dan Penghambat belajar agama siswa kelas VI di SD Negeri 04 Aurstanding Kecamatan Pemulutan Penunjang nya ialah adanya sarana dan prasarana yang mencukupi.adanya kesadaran dari anak tersebut .adanya dukungan dari kepala sekolah,guru dan orang tua. Faktor penghambatnya masih beberapa persen yang belum sesuai misalnya belum memadai sarana dan prasarana belum ada kesadaran dari anak. Tidak ada dukungan dari kepala sekolah guru, dan orang tua,dan kurang orang tua kurang perhatian dan sibuk bekerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sri Yanti . S.Pd., M.Pd. 2. Hendri Nur Alam. S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci. Peranan ,orang tua ,pengamalan belajar siswa .
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:06
Last Modified: 15 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.