ANALISIS KERJA AKUMULATOR TERHADAP PEMBANGKIT SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN LISTRIK LABORATORIUM FISIKA DAN LABORATORIUM ELEKTRO

Subekti Rohim, NIM. 132017178 (2021) ANALISIS KERJA AKUMULATOR TERHADAP PEMBANGKIT SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN LISTRIK LABORATORIUM FISIKA DAN LABORATORIUM ELEKTRO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017178_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017178_BAB II_SAMPAI TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan energi terbaharukan merupakan salah satu cara alternatif yang terbaik untuk keperluan cadangan energi pada Laboratorium Fisika dan Elektro apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Solar Cell merupakan pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik. Daya keluaran pada Solar Cell akan masuk ke Akumulator lalu dialirkan ke inverter untuk diubah menjadi arus listrik ( AC ) agar bisa digunakan seperti pada umumnya. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisa kerja akumulator terhadap pengisian dan pengosongan pada pembangkit Solar Cell. Metode Penelitian ini memiliki beberapa tahapan yaitu: 1). Merancang Pembangkit Solar Cell di Laboratorium Fisika. 2). Pemasangan Panel, Solar Charge Controller, Akumulator, Inverter, dan Automatic Transfer Switch, Kontaktor, Relai, MCB, KWH Digital, Sonoff, Push Button. 3). Pengujian dan Pengukuran Arus dan Tegangan pada Pembangkit Solar Cell. 4). Menghitung dan menganalisa hasil pengukuran pada Pembangkit Solar Cell. Pada Saat Pengisian Pembangkit Solar Cell ini sangat dipengaruhi oleh kondisi cuauca yang berpengaruh terhadap intensitas cahaya. Dari hasil pengukuran pengisian yang didapatkan, intensitas cahaya matahari yang baik untuk pengisian yaitu pada jam 11.15 sebesar 1111,1 W/m2 dengan nilai tegangan 25,32 Volt dan Arus 5,73 Ampere.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sofiah,S.T.,M.T. 2. Erliza Yuniarti,S.T.,M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Akumulator, Energi Surya, Intensitas Cahaya
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:46
Last Modified: 06 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.