SISTEM MONITORING PADA PANEL LISTRIK SOLAR CELL DENGAN MENGGUNAKAN IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK KEBUTUHAN LISTRIK DI LABORATORIUM FISIKA DAN ELEKTRO

ABI ABDILLAH, NIM. 132017171 (2021) SISTEM MONITORING PADA PANEL LISTRIK SOLAR CELL DENGAN MENGGUNAKAN IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK KEBUTUHAN LISTRIK DI LABORATORIUM FISIKA DAN ELEKTRO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
132017171_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (957kB) | Preview
[img] Text
132017171_BAB II_SAMPAI_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan praktikum mahasiswa teknik elektro universitas muhammadiyah palembang dilakukan di laboratorium fisika dan laboratorium elektro yang berlokasi di area kampus B. Apabila terjadi pemadaman listrik oleh PLN maka kegiatan praktikum akan terganggu. Oleh karena itu diperlukan sebuah solusi agar kegiatan praktikum tidak terhambat apabila sedang terjadi pemadaman listrik. Pada penelitian ini dirancanglah sebuah alat sistem panel solar cell berbasis internet of things yang dapat dijadikan sumber energi listrik apabila sedang terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Kinerja sistem panel solar cell ini disimulasikan dengan menggunakan sonoff yaitu sebuah sakelar otomatis yang dipasang pada panel box rangkaian dan sistem monitoring dapat dikendalikan melalui handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memonitoring nilai tegangan (V), arus (A), dan daya (W) pada sistem panel solar cell. Terdapat perbandingan daya pada hasil penelitian dimana pada pengukuran pertama jam 08.00 wib daya manual sebesar 164,61 watt, daya ewelink 153,72 watt. Pengukuran terakhir di jam 10.00 wib daya manual 1023,09 watt, daya ewelink 990,73 watt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Sofiah, S.T., M.T 2. Erliza Yuniarti, S.T, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Solar Cell, Sistem Monitoring, Internet of Things (IoT)
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:44
Last Modified: 05 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.