RANCANG BANGUN TRACKING SYSTEM PADA SOLAR CELL DAN PROTEKSI OVERLOAD BERBASIS ARDUINO

AGUNG WIJAYA, NIM. 132017142 (2021) RANCANG BANGUN TRACKING SYSTEM PADA SOLAR CELL DAN PROTEKSI OVERLOAD BERBASIS ARDUINO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017146_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017146_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem pelacakan sel surya merupakan sistem yang menggunakan teknologi terkini. Menggabungkan pelacakan surya, Intensitas sinar matahari yang diserap oleh sel surya dapat dioptimalkan secara automatic. Tujuan penelitian ini untuk membuat sistem pemantau surya berbasis Arduino dan alat proteksi beban lebih. Perangkat ini juga dilengkapi dengan sensor LDR yang mendeteksi keberadaan sinar matahari, mengirimkan data dari LDR ke Arduino dan memberikan sinyal ke aktuator linier. Ketika muatan yang dipasok oleh baterai melebihi kapasitas baterai, sensor INA219 mendeteksi kelebihan beban dan sinyal dikirim ke Arduino meminta relai untuk melepaskan beban. hasil penelitian menunjukkan bahwa pelacakan sistem sel surya berhasil dalam meningkatkan efisiensi sel surya dengan hasil daya rata-rata yang di peroleh 0,87 ampere 12,62 watt dari sebelumnya tanpa tracking rata-rata yang diperoleh 0,62 ampere 8,83 watt. Kinerja sistem proteksi menunjukkan bahwa beban terputus ketika arus pengisian melebihi batas yang ditentukan yaitu 2,6 ampere.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Bengawan Alfaresi,S.T.,M.T,IPM 2.Feby Ardianto,ST.,M.Cs
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: baterai , LDR, INA219 , Tracking solar cell
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:07
Last Modified: 05 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.