KETUNTASAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG DI ERA PANDEMI COVID-19

SINDI RAHAYU, NIM. 342017012 (2021) KETUNTASAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG DI ERA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
342017012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342017012_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

ABSTRAK Sindi Rahayu. 2021. Ketuntasan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang di Era Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Kholillah, M.Pd., (II) Wulandari Saputri, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Ketuntasan Hasil Belajar, Faktor yang mempengaruhi hasil belajar Wabah virus covid-19saat ini telah berdampak bagi seluruh masyarakat dan terutama pada pendidikan di Indonesia. Dengan adanya pembelajaran daring merupakan solusi untuk tetap menjalankan sistem pendidikan berdasarkan standar pendidikan yang diberlakukan. salah satu masalah yang dihadapi kebanyakan siswa yaitu sulit memahami penjelasan materi dari guru, banyak tugas yang di berikan, waktu belajar yang cenderung lebih singkat dan sebagainya. Hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ketuntasan hasil belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitafif, metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel ketuntasan hasil UTS siswa sedangkan metode slovin untuk menentukan sampel faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Sampel penelitian data ketuntasan nilai UTS seluruh siswa kelas X, XI, XII MIPA. Sedangkan sampel data faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu melalui metode slovin diperoleh 264 siswa dari populasi dengan ciri khusus yaitu diambil dari rentang nilai rendah (< 65), sedang (65-79) dan tinggi (80-100). Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan pada angkatan kelas X, XI dan XII MIPA telah memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dengan persentase rata-rata nilai UTS siswa yaitu untuk ketuntasan seluruh siswa angkatan kelas X MIPA yaitu 66%, kemudian ketuntasan seluruh siswa angkatan XI MIPA yaitu 92% dan ketuntasan seluruh siswa angkatan XII MIPA yaitu 74%. Sedangkan jika dilihat secara individu ternyata cukup banyak hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM. Kemudian berdasarkan hasil penelitian Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang paling mempengaruhi hasil belajar yaitu minat belajar siswa lebih menyukai belajar di kelas, kemudian bentuk motivasi siswa yang di tunjukkan dalam pembelajaran yaitu absensi, memperhatikan guru, mengumpulkan tugas dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu ceramah, tanya jawab, disksui, lalu model pembelajaran yang digunakan Discovery leraning dan Blended learning sedangkan aplikasi belajar yang digunakan yaitu edumu ( namun jarang) dan aplikasi lainya seprti wathsapp, zoom dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Dr. Wulandari Saputri, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan Hasil Belajar, Faktor yang mempengaruhi hasil belajar
Subjects: Biologi > Protozoa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:08
Last Modified: 29 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.