Hubungan Tingkat Kecemasan dan Stres pada Penderita Thalassemia di Masa Pandemi COVID-19 di Kota Palembang

Ghinaa Andariva Tanjung, 702017050 (2021) Hubungan Tingkat Kecemasan dan Stres pada Penderita Thalassemia di Masa Pandemi COVID-19 di Kota Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017050_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
702017050_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Kesehatan jiwa adalah kondisi yang menunjukkan seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi di komunitasnya. Penderita thalassemia dapat memiliki efek yang tidak diinginkan terhadap kesehatan mental penderita dan keluarga yang dapat menyebabkan masalah mental dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dan stres pada penderita Thalassemia di masa pandemi Covid-19 di Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan metode cross-sectional. Pengambilan sampel dengan metode teknik total sampling. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah chi-square dan didapatkan 30 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Dari analisis data didapatkan distribusi frekuensi responden thalassemia yang menderita kecemasan ringan 17 responden (56,7%) dan 13 responden (43,3%) mengalami kecemasan berat, sedangkan yang menderita stres ringan 27 responden (90%) dan 3 responden (10%) mengalami stres berat pada penelitian ini didapatkan nilai p value > 0,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dan stres pada penderita thalassemia di masa pandemi Covid-19 di Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hj. Resy Asmalia, S.KM., M. Kes. 2. dr. Melinda Rachmadianty.
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Stres, Thalassemia, Pandemi, Covid-19.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > kedokteran Psikosomatik
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Pendidikan Kedokteran > Penyakit-Penyakit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:40
Last Modified: 28 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.