Monitoring Dan Analisa Daya Output Beban Pemakaian PLTS, PLTB, PLN Berbasis Internet of Things ( IoT)

Muhammad Rama Bagaskara, NIM : 132017155 (2021) Monitoring Dan Analisa Daya Output Beban Pemakaian PLTS, PLTB, PLN Berbasis Internet of Things ( IoT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab1-daftar pustaka.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 - BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi saat ini sangat membantu pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu sistem monitoring, Sistem monitoring pada PLTB, PLTS, dan PLN sangat penting. Karena, dengan adanya sistem monitoring pada alat ini, nilai – nilai parameter pada PLTB, PLTS,dan PLN bisa dilihat dan di monitoring secara online melalui smarphone. Adapun, tujuan penelitian ini adalah merancang sistem monitoring pada PLTB, PLTS, dan PLN berbasis Internet of Things( IoT) untuk mengetahui nilai daya output dan perbedaan nilai –nilai parameter beban saat disuplay PLTB, PLTS, dan PLN secara langsung (real time) dan online dengan menggunakan Sonoff Pow R2 dan Aplikasi Ewelink. Metodelogi yang saya gunakan yaitu mulai dari proses perancangan dan pembuatan serta perancangan pengawatan yang telah dibuat dari proses pembuatan alat dan uji coba hasil. Hasil yang didapatkan dari percobaan bahwa nilai arus pada PLTB, PLTS, dan PLN yang tampil pada layar monitoring yaitu stabil. Sedangkan nilai daya pada PLN stabil, pada PLTB dan PLTS nilai dayanya mengalami peningkatan. Dan untuk tegangannya, nilai tegangan dari PLN tidak mencapai 220 V sedangkan nilai tegangan dari PLTB Dan PLTS mencapai nilai 220 V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING 1 : Yosi Apriani, S.T., M.T PEMBIMBING 2 : MUHAMMAD HURAIRAH, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Sonoff, IoT, Sistem Monitoring, eWeLink, PLTB, PLTS, PLN
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:24
Last Modified: 20 Sep 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.