CHANGEOVER SWITCH (COS) PADA INVERTER BERBASIS HYBRID PLTB PLTS PLN

Muhammad Irfan Gunawan, NIM : 132017114 (2021) CHANGEOVER SWITCH (COS) PADA INVERTER BERBASIS HYBRID PLTB PLTS PLN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan sistem saklar changeover switch pada pembangkit yang memiliki tiga sumber listrik, yaitu sumber PLTB, PLTS dan PLN. Dengan adanya sistem saklar changeover switch ini, tiga sumber listrik dapat memilih sumber listrik mana yang ingin digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun sebuah changeover switch (COS) energi listrik yang sumber pada sistem hybrid yang berfungsi sebagai memilih energi listrik yang ingin digunakan dengan membandingkan keluaran yang bersumber dari tiap pembangkit. Metodelogi yang digunakan yaitu dari proses perancangan dan pembuatan serta perancangan pengawatan yang dibuat di aplikasi Festo-Fluidsm dari proses pembuatan alat dan evaluasi. Hasil percobaan yang didapatkan bahwa nilai-nilai pada tiap sumber listrik dapat dilihat dan dimonitoring dari kWh digital. Hasil yang didapatkan bahwa nilai pada tiap sumber berbeda beda, dengan nilai tegangan PLN dibawah 220V sedangkan dari sumber PLTB dan PLTS tegangan mencapai 220V. nilai arus dan daya pada PLTB dan PLTS yang terlihat pada layar kWh digital nilainya stabil sedangkan nilai arus dan daya yang bersumber dari PLN nilainya terlihat mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Yosi Apriani, S.T., M.T Pembimbing 2 : Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Changeover Switch, Hybrid, PLTB, PLTS, PLN dan Baterai
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:20
Last Modified: 20 Sep 2021 06:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18308

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.