PEMANFAATAN PLTS 30 WP SEBAGAI BACK UP PENGISIAN BATERAI EKSTERNAL (UPS) UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY

Febriyansyah M,idris, NIM.132017116 (2021) PEMANFAATAN PLTS 30 WP SEBAGAI BACK UP PENGISIAN BATERAI EKSTERNAL (UPS) UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1_DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB 2_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

ABSTRAK UPS adalah sebuah perangkat elektronik yang mampu menampung penyimpanan daya listrik sementara ketika arus listrik dari PLN padam. Peralatan ini berperan sangat penting untuk memback up alat elektronik. Akan tetapi penggunaan UPS sangat terbatas, kemudian di modifikasi dengan menambahkan pembangkit listrik tenaga surya. Tujuan penelitian ini adalah Merancang sistem pengisian baterai pengisian eksternal UPS menggunakan panel surya 30 WP dan menganalisis pengisian baterai pada UPS menggunakan panel surya. Metodelogi yang digunakan yaitu dari proses perancangan dan pembuatan serta perancangan pengawatan hingga evaluasi. Hasil percobaan yang didapatkan bahwa Pemanfaatan panel surya sebagai back up pada UPS Menambah kemampuan pada pengoperasian umum pengisian baterai pada UPS. Pada Pengujian pengisian baterai terlihat pada penelitian yang sudah dilakukan selama 7 hari, potensi energi matahari yang didapatkan cukup baik. Cuaca panas menjadi waktu yang paling effisien untuk pengisian dan penggunaan baterai untuk penyimpanannyan membuat panel dapat selalu mengisi sumber listrik dan2 dapat menjadi solusi mengatasi cuaca yang tidak menentu Kata Kunci : UPS, Panel Surya, Solar charge contrroler dan baterai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yosi Apriani, S.T., M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : UPS, Panel Surya, Solar charge contrroler dan baterai
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:09
Last Modified: 17 Sep 2021 03:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.