PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN PAI (AKHLAK TERPUJI) DI SD NEGERI 2 ULAK JERMUN

Adelia Oktamaya, 622017017 (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN PAI (AKHLAK TERPUJI) DI SD NEGERI 2 ULAK JERMUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017017 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017017 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah : (1) bagaimanakah langkah-langkah pembuatan media pembelajaran PopUp Book pada pembelajaran PAI di SDN 2 Ulak Jermun?, (2) bagaimanakah kepraktisan media pembelajaran PopUp Book pada pembelajaran PAI di SDN 2 Ulak Jermun?, (3) faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat penerapan media pembelajaran PopUp Book pada pembelajaran PAI di SDN 2 Ulak Jermun?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) langkah-langkah pembuatan media pembelajaran PopUp Book, (2) kepraktisan media pembelajaran PopUp Book, (3) faktor mendukung dan menghambat penerapan media pembelajaran PopUp Book. Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Media yang di buat oleh guru cukup menguras uang, tenaga, dan waktu tapi hanya di awal pembuatan media. Media tersebut sangat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan bisa di pakai berulang kali dengan materi yang beda beda karena di belakang gambar nya di beri velcro/perekat yang bisa di lepas. Kemudian media tersebut sangat menarik sekali untuk siswa SD, karena ketika buku tersebut dibuka halamannya muncul dari permukaan buku/ 3 dimensi. Pada saat diterapkannya media Pembelajaran Pop Up Book, hasil belajar yang di dapat oleh siswa meningkat lebih baik dan bagus , serta siswa menjadi rajin, aktif dan bersemangat saat dilaksanakannya proses belajar mengajar dan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book dikategorikan praktis. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan penerapan media pembelajaran Pop Up Book pada mata pelajaran PAI di SDN 2 Ulak Jermun adalah adanya semangat tinggi dari siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran Agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. selain itu Adanya beberapa anak yang terkadang membuat kegaduhan didalam kelas sehingga terjadinya penghambat pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.Purmansyah,S.Ag, M.Hum 2. Dr.Rulitawati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan, Media Pembelajaran Pop Up Book, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:55
Last Modified: 21 Sep 2021 06:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18051

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.