PERANCANGAN PROTOTIPE ALAT PEMUNGUT SAMPAH SELOKAN MENGGUNAKAN PLC

AFANDI, NIM. 132017142 (2021) PERANCANGAN PROTOTIPE ALAT PEMUNGUT SAMPAH SELOKAN MENGGUNAKAN PLC. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017142_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
132017142_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyelesaian masalah sampah pada aliran selokan dikota-kota merupakan sebuah masalah yang sering terjadi dan membuat suatu bencana yang sulit teratasi dengan baik. Peningkatan masyarakat membuang sampah di selokan lingkungan sekitar membuat sampah menjadi tertumpuk di aliran selokan. Tujuan penelitian alat pemungut sampah selokan mengunakan PLC adalah membuat dan merancang prototipe alat pemungut sampah selokan menggunakan PLC yang dioperasikan dengan otomatis untuk meringankan tenaga yang dikeluarkan manusia dan mengefisienkan waktu pencakaran sampah. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu mengunakan pencakaran sampah. Alat pemungutan sampah ini mulai bekerja dari pemungutan sampah yang dibawa oleh konveyor 1 yang selanjutnya dijatuhkan ke konveyor 2 dan sampah yang terbawa konveyor 2 akan di jatuhkan ke wadah sampah. Alat pemungutan sampah ini di operasikan oleh push button pada box panel. Hasil dari penelitian kecepatan pemungutan sampah pada konveyor 1 bisa disesuaikan yaitu cepat dengan 250 Rpm bisa memungut 75 sampah apung dengan waktu 37,8 detik persentase kegagalan 6,7% selanjutnya sedang 125 Rpm bisa memungut 75 sampah apung dengan waktu 48,6 detik dengan persetase kegagalan pungut 8% dan terakhir untuk kecepatan lambat bisa memungut 75 sampah apung dengan waktu 78,8 detik dengan persentase kegagalan pungut 9,3%. Kesimpulan dari penelitian ini semakin cepat putaran maka tingkat keberhasilan pungut mencapai 93,3% hinggga 99% sampah apung yang dipungut. Untuk pemungutan sampah hanya bisa mengangkat sampah apung pada aliran selokan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bengawan Alfaresi, S.T.,M.T,IPM 2. Feby Ardianto, ST.,M.Cs
Uncontrolled Keywords: Pemungut sampah, PLC, Sampah, Selokan, Otomasi
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:29
Last Modified: 13 Sep 2021 06:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.