Pengukuran Beban Kerja Karyawan Menggunakan Metode Work Sampling (Studi kasus UMKM roti EMBAK PUTRI kota Palembang)

Muhammad Edo Saputra, NIM. 152017040 (2021) Pengukuran Beban Kerja Karyawan Menggunakan Metode Work Sampling (Studi kasus UMKM roti EMBAK PUTRI kota Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152017040_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Dalam melaksanakan proses pembuatan roti bagaimana menghitung waktu baku penyelesaian pekerjaan secara manual yang dikerjakan oleh karyawan Embak Putri, serta berapa persentase produktivitas kerja dengan menggunakan metode Work Sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur berapa waktu baku penyelesaian pekerjaan secara manual, menghitung berapa persentase beban kerja karyawan pada UMKM roti Embak Putri. Penelitian ini dengan menggunakan metode Work Sampling untuk menghitung berapa persentase beban kerja yang diterima pekerja UMKM roti Embak Putri. Dari hasil ini ialah Waktu baku yang diperoleh sebesar 9 menit, serta persentase kegiatan produktif rata-rata yang terdiri dari pengamatan total selama 7 hari sebesar 0,74%, jumlah menit pengamatan yang dilakukan yaitu sebesar 3360 menit atau 56 jam, jumlah menit produktif yaitu 2486 menit dengan jumlah pengamatan roti yang diselesaikan selama 7 hari 2.940 roti, serta waktu siklus 9 menit /per roti. Persentase beban kerja yang ditanggung oleh pekerja pada pabrik roti “Embak Putri” adalah sebesar 43,51%. Maka beban kerja yang dilakukan pekerja UMKM Roti ‘Embak Putri” kurang dari 80% maka perlu dilakukan perbaikan. Kata Kunci : Analisis Beban Kerja, Ergonomi, Work Sampling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng Pembimbing : 2. Rurry Patradhiani., S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis Beban Kerja, Ergonomi, Work Sampling.
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:02
Last Modified: 15 Sep 2021 02:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.