ANALISIS KEMAMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 16 PALEMBANG MATERI PECAHAN

NURLIAH, NIM. 332017003 (2021) ANALISIS KEMAMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 16 PALEMBANG MATERI PECAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332017003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017003_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nurliah 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Open Ended Matematika VII SMP Negeri 16 Palembang materi pecahan Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. Refi Elfira Yuliani,S.Si.,M.Pd., (2) Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif, pecahan. Matematika merupakan ilmu yang mampu melatih daya analisis dan logika para siswa dengan pola dan aturan-aturan yang didefinisikan secara cermat dan akurat sehingga dalam pengaplikasiannya dapat bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif, Salah satu cara yang mungkin untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa adalah dengan pemberian soal. Dalam usaha mendorong berpikir kreatif pada matematika peneliti memberikan beberapa soal yang didalamnya mengandung beberapa cara penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal-soal open ended matematika kelas VII SMP Negeri 16 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitataif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 yang melaksanakan pembelajaran dari jaringan atau online yaitu VI.B sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang berfungsi sebagai data utama dalam penelitian ini. Analisis data bertujuan untuk menentukan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal-soal open ended kelas VII SMP Negeri 16 Palembang materi pecahan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian ini dengan hasil perbedaan pada tiap indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan elaborasi (elaboration). Kemampun berpikir siswa pada indikator kelancaran (fluency) mempunyai skor sebesar 53,21, kemampuan berpikir siswa pada indikator keluwesan (flexibility) mempunyai nilai 56,34, dan kemampuan berpikir siswa pada indikator elaborasi (elaboration) mempunyai nilai 91,13. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh kategori kemampuan berpikir kreatif kategori cukup 69,56%, kategori kurang 17,39%, dan kategori tidak 13,04%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, pecahan
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:31
Last Modified: 16 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17776

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.