PENGARUH PELETAKAN TURBIN ULIR ARCHIMEDES DITINJAU DARI PERUBAHAN SUDUT ROTOR TURBIN

NANANG IRAWAN SADEWO, NIM.132017072 (2021) PENGARUH PELETAKAN TURBIN ULIR ARCHIMEDES DITINJAU DARI PERUBAHAN SUDUT ROTOR TURBIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017072_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
132017072_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia penggunaan energi sebagian besar masih bersumber dari fosil. Namun seiring berjalannya waktu, ketersediaan energi fosil semakin menurun. Pemanfaatan sumber energi alternatif dalam bentuk sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT) merupakan salah satu solusi alternatif. Penggunaan EBT tidak hanya untuk mengurangi penggunaan energi fosil, tetapi juga untuk mewujudkan energi bersih atau ramah lingkungan. Salah satu bentuk pemanfaatan EBT dalam skala kecil adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peletakan turbin ulir Archimedes yang ditinjau dari perubahan sudut rotor turbin. Metode penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu: studi literatur, pengambilan data, perhitungan dan analisis. Dari hasil pengukuran dan perhitungan data yang dilakukan pada dusun Sarwan desa Merbau kabupaten OKU Selatan didapatkan sudut kemiringan optimal pada turbin 45°. Berdasarkan sudut optimal yang didapat kecepatan aliran maksimum sebesar 9,8756 m/s dan kecepatan aliran minimum sebesar 4,8702 m/s. Luas penampang pada pada pipa pesat sebesar 0,04 m2 sehingga debit yang dihasilkan dari sudut optimal sebesar 0,194 m3/s. Secara mekanis dan elektris Daya yang tebangkitkan dari turbin sebesar 5,25 kW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PLTMH, Turbin ulir Archimedes, Sudut optimal
Uncontrolled Keywords: 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng. 2. Ir. Eliza, M.T.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Teknik Tenaga Air
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Sep 2021 03:30
Last Modified: 11 Sep 2021 03:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17761

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.