ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI JUMLAH PEKERJA YANG OPTIMAL (STUDI KASUS DI UKM GALERI WONG KITO)

RIZALDI AKBAR, Nim.152017022 (2021) ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI JUMLAH PEKERJA YANG OPTIMAL (STUDI KASUS DI UKM GALERI WONG KITO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
152017022_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI JUMLAH PEKERJA YANG OPTIMAL (STUDI KASUS DI UKM GALERI WONG KITO) Rizaldi Akbar Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang Jl. Jendral Ahmad Yani Kel. 13 Ulu Kec. Seberang Ulu II Palembang 30263 Email : rizaldiakbar99@gmail.com Abstrak : UKM Galeri Wong Kito adalah UKM yang bergerak di bidang industri tekstil dan menghasilkan beragam produk seperti kain jumputan, dress jumputan, songket, tas, tanjak, dan dompet. Berdasarkan hasil pengamatan, dapat diketahui jika pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja di UKM Galeri Wong Kito tergolong tinggi karena dengan job desctiprion yang sudah ditentukan namun hanya dikerjakan oleh tenaga kerja sebanyak 10 orang dan akan menimbulkan efek kelelahan akibat beban kerja yang berlebihan. Perhitungan beban kerja ini dilakukan dengan metode Workload Analysis. Tahapan yang pertama kali dilakukan adalah mengamati tingkat produktivitas pekerja menggunakan work sampling, menentukan besarnya nilai Performance Rating, Allowance, nilai beban kerja, dan jumlah usulan pekerja. Besarnya beban kerja yang diterima oleh pekerja kemudian digunakan untuk menentukan jumlah pekerja yang seharusnya dipekerjakan agar tidak menerima beban kerja yang berlebih. Hasil perhitungan beban kerja menunjukkan jika 10 orang tenaga kerja memiliki beban kerja yang tinggi. Usulan perbaikan yang diberikan untuk mengatasi beban kerja yang tinggi ini adalah dengan menambah jumlah pekerja. Dengan keuntungan Rp. 62.925.000/bulan, maka disarankan agar UKM Galeri Wong Kito menambah jumlah karyawan sebanyak 5 orang dengan estimasi gaji Rp. 1.500.000/orang, jadi Rp. 62.925.000 – Rp. 7.500.000 = Rp. 46.875.000. Jadi keuntungan bersih setelah penambahan karyawan adalah Rp. 46.875.000. Kata kunci : Beban kerja, Workload Analysis, tenaga kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:1 Nidya Wisudawati.S.T.,M.T.,M.Eng 2 Rurry Patradhiani S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Beban kerja, Workload Analysis, tenaga kerja
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Industri > Pabrik Logam
Industri > Tekstil
Industri > karet
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:41
Last Modified: 09 Sep 2021 04:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.