Analisis nilai-nilai moral pada novel Helen dan Sukanta Karya Pidi Baiq

Kurnia Dian Trisandi, 312017046 (2021) Analisis nilai-nilai moral pada novel Helen dan Sukanta Karya Pidi Baiq. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
1. COVER-BAB I_SKRIPSI_KURNIA DIAN TRISANDI NIM 312017046.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II_SKRIPSI_KURNIA DIAN TRISANDI NIM 312017046.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Trisandi, Kurnia Dian. 2021. Anilisis Nilai-Nilai Moral Novel Helen dan Sukanta Karya Pidi Baiq. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dra. Listini, M.Pd. (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: analisis, nilai-nilai moral, novel Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya apresiasi sastra yang telah diterapkan masih kurang di pahami. Alasan peneliti memilih judul “Analisis Nilai-Nilai Moral Novel Helen dan Sukanta Karya Pidi Baiq” karena novel ini merupakan salah satu karya terbaru dari Pidi Baiq yang terbit pada tahun 2019 dan isinya banyak mengandung pelajaran tentang kehidupan. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa sajakah yang terdapat dalam novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendes-kripsikan nilai-nilai moral yang terdapat di dalam novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq, yang meliputu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian yang bersifat deskriptif data pada umumnya data yang berupa kata-kata dan gambar. Hasil analisis menunjukakan bahwa novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq ini begitu banyak terkandung nilai moral diantaranya (1) Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, yang terdiri dari: iman kepada Allah, beribadah, bersyukur, bersabar, dan memohon ampun. (2) hubungan manusia dengan diri sendiri, yang terdiri dari: sabar, berani, berbudi pekerti yang baik, pemaaf, dan mawas diri. (3) hubungan manusia dengan manusia, terdiri dari: tolong menolong dan saling memaafkan. (4) hubungan manusia dengan lingkungan hidup, terdiri dari: air, udara, tanah, dan tumbuh￾tumbuhan. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa dalam novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq terdapat nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Saran yang diajukan Novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq sangat baik untuk dibaca mahasiswa, guru, dosen dan pecinta sastra, karena novel ini banyak mengandung pesan moral yang baik dan mengajarkan pembacanya bagaimana menentukan sikap dan perbuatan menjalani kehidupan dan penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan referensi bagi peneliti lanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd Pembimbing 2. Drs. H. Mustofa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: analisis, nilai-nilai moral, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:13
Last Modified: 08 Sep 2021 08:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.