ANALISIS POSTUR KERJA PEMBUATAN BATIK DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSEMENT DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSEMENT

AMSONY, NIM.152017032 (2021) ANALISIS POSTUR KERJA PEMBUATAN BATIK DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSEMENT DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSEMENT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
152017032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS POSTUR KERJA PEMBUATAN BATIK DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT Amsony Teknik Idustri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail : amsony2370@gmail.com Abstrak : Postur kerja merupakan pengaturan posisi tubuh saat melakukan suatu pekerjaan, postur tubuh juga merupakan tolak ukur seberapa efektif seseorang melakukan pekerjaan. Postur kerja yang tidak ergonomis dapat memberikan risiko cedera pada tubuh pekerja. Aktivitas pembatik di Dekranasda PALI yang bekerja sambil duduk kurang lebih 8 jam menyebabkan punggung, pinggang, leher, lengan pekerja yang cepat mengalami lelah dan sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur postur pembuat batik di Dekranasda PALI menggunakan metode RULA dan REBA, memberi rekomendasi perbaikan postur kerja yang ada saat ini. Penelitian ini dilakukan beberapa tahapan sebagai berikut : mengetahui skor dan tindakan dengan metode RULA, mengetahui skor dan tindakan dengan metode REBA dan memberikan saran terhadap risiko para pekerja. Penelitian ini fokus pada proses nyanting, adapun hasil penelitian RULA dan REBA, postur kerja yang memiliki risiko paling tinggi adalah postur kerja pembatik saat posisi duduk dengan punggung tidak terlalu membungkuk dan leher menunduk serta pada saat posisi duduk dengan punggung membungkuk dan leher menunduk dengan nilai skor RULA dan REBA untuk kedua postur adalah 5,5 dan 4,4 yang memiliki tingkat risiko sedang sehingga diperlukan perubahan dan penelitian lebih lanjut. Memberi kursi pembatik dan membuat gawang pembatik dapat menjadi alternatif solusi untuk membantu pembatik dalam mengurangi keluhan Musculoskeleta Disorders. Kata kunci : Postur Kerja, RULA, REBA, Pembatik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Merisha Hastarina, S.T.,M.Eng. 2 : Rurry Patradhiani S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Postur Kerja, RULA, REBA, Pembatik
Subjects: Industri > Kayu, Gabus,dan Teknologi Menggunakan Kayu
Industri > Tekstil
Industri > karet
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:00
Last Modified: 07 Sep 2021 06:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.