Persepsi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Biologi di SMA Negeri 1 Kota Agung Kabupaten Lahat

JULIANAH, NIM. 342015066 (0008) Persepsi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Biologi di SMA Negeri 1 Kota Agung Kabupaten Lahat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015066 BAB I-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
342015066 BAB II-BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

ABSTRAK Julianah. 2021. Persepsi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Biologi di SMA Negeri 1 Kota Agung Kabupaten Lahat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Deskriptif Kuantitatif, Persepsi, Pembelajaran Daring Biologi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah covid-19 yang membuat kita semua dilarang untuk berkumpul dan melakuakan aktivitas diluar rumah. Salah satunya yang mengakibatkan peserta didik diharuskan untuk belajar dari rumah dengan proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik pada pembelajaran daring biologi di SMA Negeri 1 Kota Agung Kabupaten Lahat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase untuk mendeskripsikan hasil angket mengenai persepsi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran daring biologi kelas XI IPA dan XII IPA. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling yang artinya seluruh populasi di jadikan sampel. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dibuat dalam bentuk pernyataan berbentuk google form yang terdiri dari 18 pernyataan. Analisis data hasil angket dihitung dengan rumus persentase menggunakan Excel. Hal ini dapat dilihat 121 responden mendapatkan persentase rata-rata jawaban angket sebesar 7,77% sangat setuju, 69,56% setuju, 18,50% tidak setuju dan 4,32% sangat tidak setuju. Pada hasil belajar peserta didik persentase keseluruhan nilai ketuntasan belajar pada pembelajaran daring biologi, kelas XI IPA 1 (61,11%), XI IPA 2 (65%), XI IPA 3 (61,90%), XII IPA 1 (60%), XII IPA 2 (57,14%) dan XII IPA 3 (52,93%). Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi peserta didik pada pembelajaran daring biologi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena hasil belajar peserta didik di pengaruhi oleh persepsi terhadap metode guru mengajar. Persepsi positif terhadap cara penyampaian materi guru peserta didik lebih giat belajar dan berdampak pada hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr.Saleh Hidayat,M.Si 2. Sulton Nawawi, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: deskripsi kuantitatif, persepsi, pembelajaran daring biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:03
Last Modified: 06 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.