PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DRAMA PESERTA DIDIK SMA AIYIYAH 1 PALEMBANG

IGNADEA FIRANTI, NIM. 312017025 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DRAMA PESERTA DIDIK SMA AIYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..._..pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
312017025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Aisyiyah 1 Palembang sehingga peserta didik kurang tertarik dan mudah merasa bosan pada kegiatan pembelajaran. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah menghasilkan produk media buku cerita rakyat dan bagaimanakah uji validitas, efektivitas dan kemenarikan dari media buku cerita rakyat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media buku cerita rakyat dan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan kemenarikan media buku cerita rakyat terhadap keterampilan menulis drama peserta didik SMA Aisyiyah 1 Palembang. Untuk mengetahui kelayakan media buku cerita rakyat berdasarkan 1 (satu) ahli media, 1(satu) ahli materi dan respon dari peserta didik terhadap media buku cerita rakyat yang dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan metode Penelitian dan Pengembangan (Researchand Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan teori Borg and Gall (2003) dalam (Sutarti & Edi, 2017:5) dengan 7 langkah yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi/hasil akhir produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket observasi guru dan peserta didik, penggunaan lembar validasi, angket respon peserta didik. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran dari ahli media diperoleh total skor sebesar 51 dengan presentase kelayakan sebesar 85% dengan kategori sangat layak dan dari ahli materi diperoleh total skor sebesar 36 dengan presentase kelayakan sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan validasi ahli media dan ahli materi, selanjutnya dilakukan uji coba produk. Hasil respon dari peserta didik mendapatkan hasil rata-rata nilai sebesar 72,25 dengan presentase kelayakan sebesar 96,3% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan telah berhasil dikembangkan media pembelajaran buku cerita rakyat terhadap keterampilan menulis drama peserta didik SMA Aisyiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Buku, Cerita Rakyat, Keterampilan Menulis.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:35
Last Modified: 06 Sep 2021 03:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.