PENGEMBANGAN MEDIA PEPEMBELAJARAN BUKU CERITA FABEL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

Yasmine Dhea Ananda, NIM. 312017006 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEPEMBELAJARAN BUKU CERITA FABEL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
312017006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Pendidikan saat ini mulai berkembang, namun belum semua sekolah menerapkan penggunaan media pembelajaran dengan efektif, maka dari itu diperlukan peran media pembelajaran agar memotivasi peserta didik untuk lebih tertarik dalam mempelajari dan memahami suatu materi, serta untuk mengetahui sejauh mana keterampilan peserta didik khususnya di bidang berbicara, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran buku cerita. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil produk buku cerita fabel dan uji validitas buku cerita fabel terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk menyusun produk buku cerita fabel dan mengetahui hasil uji validitas buku cerita fabel terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Palembang Metode penelitian yang digunakan adalah Pengembangan atau R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (dalam Sugiyono, 2016:298). Validasi media ini telah dilakukan oleh para ahli dengan presentase: a) validasi ahli media diperoleh skor keseluruhan sebesar 51 dengan presentase 85%, menyatakan sangat valid, b). validasi ahli materi diperoleh skor keseluruhan sebesar 32 dengan presentase 91%, menyatakan sangat valid. Selanjutnya berdasarkan uji coba yang telah dilakukan dengan skala kecil atau terbatas (small group) pada 6 orang peserta didik kelas VII U1 SMP Muhammadiyah 4 Palembang memperoleh total skor keseluruhan 257 dengan presentase rata-rata sebesar 85% dan untuk data hasil tes belajar peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 81 dan keenam peserta didik telah melampaui KKM yang telah ditetapkan SMP Muhammadiyah 4 Palembang yaitu 65. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah diperoleh dari ahli media dan materi serta hasil uji coba produk dan hasil tes belajar, diperoleh simpulan bahwa buku cerita fabel mampu menambah motivasi, ketertarikan, kemampuan dan pemahaman peserta didik dalam materi teks fabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd., 2. Dra. Mulyati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bukucerita, fabel, keterampilanberbicara
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:34
Last Modified: 04 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17322

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.