PENGUKURAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE

CINDY PUTRI MARHANI WUE, NIM. 152017029 (2021) PENGUKURAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152017029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Merujuk pada penyebaran covid-19 yang kian masif, maka solusi pembelajaran daring pun dijadikan tonggak utama berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar. Adanya keterbatasan pada berbagai aplikasi seperti notifikasi yang sering terlambat membuat kurang terpenuhinya kebutuhan yang mempengaruhi motivasi pada setiap mahasiswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh media pembelajaran Google Classroom, WhatsApp, Zoom dan Google Meet serta tingkat efektivitas media pembelajaran daring tersebut terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk mengidentifikasi hal tersebut peneliti menggunakan metode Partial Least Square, metode ini dapat menggambarkan ada atau tidaknya hubungan antara variabel laten terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini media pembelajaran daring WhatsApp berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa karena memiliki nilai sebesar 13.200 berdasarkan T-statistik dan menunjukkan nilai paling besar, artinya WhatsApp memiliki peran yang penting terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan perhitungan R-Square pengukuran formatif tingkat efektivitas media pembelajaran daring WhatsApp dipengaruhi sebesar 62,7% hal ini berarti nilai attention to apply berada dalam rentang kuat terhadap kepuasan mahasiswa, artinya media pembelajaran daring tersebut perlu untuk diterapkan. Kata Kunci : Partial Least Square, Media Pembelajaran daring, Kepuasan Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Masayu Rosyidah S.T.,M.T 2. Nidya Wisudawati S.T., M.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Partial Least Square, Media Pembelajaran daring, Kepuasan Mahasiswa.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Teknologi informasi > teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:05
Last Modified: 06 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.