KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BERBASIS VIDEO SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

INDAH AULIA NOYA, NIM. 312017017 (2021) KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BERBASIS VIDEO SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017017-BAB I-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
312017017-BAB II-SAMPAI-BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan seorang pendidik secara online, harus mampu mengidentifikasi konteks setiap metode atau pendekatan yang sesuai dengan materi pokok dan masalah yang ada untuk memastikan setiap pembelajaran dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Maka diperlukan pendekatan atau metode pembelajaran untuk mengetahui keterampilan membaca puisi siswa salah satunya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Video Based Learning. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah siswa kelas X SMA Muhamadiyah 1 Palembang mampu membaca puisi melalui pembelajaran berbasis video? Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa melalui pembelajaran berbasis video. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes baca puisi untuk siswa, angket untuk siswa dan wawancara untuk guru. Objek penelitian ini diambil dari kelas X IPS 1 berjumlah 33 orang yang terdiri dari 20 laki laki dan 13 perempuan. Berdasarkan hasil tes yang mencapai kriteria Ketuntasan minimal (KKM) siswa memperoleh nilai di atas 65 berjumlah 31 siswa dengan persentase 93,9%. Dapat disimpulkan bahwa kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Palembang mampu membaca puisi berbasis video dan terbukti kebenarannya sesuai dengan hasil pengujian hipotesis, hal ini diperkuat dengan data angket, bahwa siswa sudah pernah mendapatkan pengajaran tentang membaca puisi dan mereka memahami apa yang diajarkan oleh guru serta bertanya kepada guru jika ada materi yang belum jelas. Peneliti juga menyarankan siswa meningkatkan lagi minat dalam belajar bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Dra. Ismaiyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membaca Puisi, Berbasis Video
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:08
Last Modified: 04 Sep 2021 06:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.