KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 MENGGUNAKAN TEKNIK RUMPANG DI SMP NEGERI 4 BANYUASIN I

WAHYUNI WULAN SUCI, NIM 312017050 (2021) KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 MENGGUNAKAN TEKNIK RUMPANG DI SMP NEGERI 4 BANYUASIN I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017050_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
312017050_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

ABSTRAK Suci Wahyuni, Wulan. 2021. “Keterbacaan Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 Menggunakan Teknik Rumpang di SMP Negeri 4 Banyuasin I”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Ismaiyati M. Pd. (II) Drs. Mustofa, M. Pd. Kata kunci: Keterbacaan, wacana dan buku teks Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memberikan pemahaman peserta didik dalam memahami bacaan wacana pada buku teks Bahasa Indonesia Edisis Revisi 2017. Rumusan masalah yang dibahasa dalam penelitian ini adalah tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 milik kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan menggunakan teknik rumpang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 milik kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan menggunakan teknik rumpang. Adapun lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Banyuasin I. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriftif. Jenis penelitian yang digunakan adalah wawancara guru Bahasa Indonesia dan melakukan tes kepserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) tingkat keterbacaan dipengaruhi oleh penguasaan diksi dan afiksasi dan 2) keterbacaan wacanabervariatif, teks eksposisi dan teks eksplanasi berada pada tingkat independen atau mudah sedangkan teks persuasi berada pada tingkat intruksional atau sedang. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa wacana-wacana yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII cocok diterapkan di SMP Negeri 4 Banyuasin I.Namun, untuk memaksimalkan tujuan pembelajaran masih diperlukan buku atau referensi lain untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini bertujuan agar wawasan peserta didik menjadi lebih luas, terutama mengenai diksi dan afiksasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan, wacana dan buku teks
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 05:06
Last Modified: 04 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.