PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR LEGENDA DAN DONGENG UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANYUASIN 1

RICO OKTAVINATA, NIM. 312017007 (2021) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR LEGENDA DAN DONGENG UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANYUASIN 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang..

[img]
Preview
Text
312017007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
312017007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oktavinata Rico. 2021. Pengembangan Buku Bergambar Legenda dan Dongeng Untuk Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. dan (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: pengembangan,buku bergambar, legenda dan dongeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2017: 297) yang meliputi 7 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan buku bergambar legenda dan dongeng untuk keterampilan menulis peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berdasarkan hasil validasi 1 ahli media memperoleh nilai rata-rata 83 jika dipresentasikan menjadi 83%, 1 ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 75 jika dipresentasikan menjadi 75%, 1 ahli materi memperoleh nilai rata-rata 86 jika dipresentasikan menjadi 86%. Dengan rata-rata skor yang dikatagorikan sangat layak untuk digunakan. Respon peserta didik terhadap buku cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata 827 jika dipresentasikan menjadi 91,88% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil tes keterampilan menulis peserta didik memperoleh rata-rata nilai yaitu 83, 46. Rata-rata tersebut menandakan bahwa media buku bergambar mempunyai pengaruh terhadap pembelajaran yang tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tes yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar yang dikembangkan memiliki daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Bergambar, legenda dan dongeng.
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:11
Last Modified: 04 Sep 2021 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.