PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MM2 SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

FERA HANDAYANI, NIM. 312017019 (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MM2 SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
312017019_BAB II_SAMPAI _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstract

ABSTRAK Handayani, Fera. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Peserta Didik Kelas XI MM2 SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (SI) Pembimbing (I) Drs. Danto, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Houtman, M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis Karya Ilmiah, Berbasis Masalah Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa keterampilan menulis karya ilmiah pada peserta didik kelas XI MM2 SMK Muhammadiyah 2 Palembang masih dikategorikan cukup rendah. Rata-rata nilai awal tes atau prasiklus peserta didik adalah 59,6 20%. Masih belum mencapai nilai batas minimum yang ditentukan yaitu 75. Penyebab rendahnya keterampilan menulis karya ilmiah pada peserta didik yaitu (1) rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis karya ilmiah, (2) kesulitan dalam menemukan masalah, (3) manakalah peserta didik kurang memiliki minat karena tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada kelas XI M M2 SMK Muhammadiyah 2 Palembang yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah pada kelas XI MM2 SMK Muhammadiyah 2 Palembang setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara. Subjek penelitian menggunakan Cluster Sampling yaitu satu kelas. Penulis menetapkan satu kelas sebagai subjek penelitian, yaitu kelas XI MM2. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prasiklus 59,6 dengan presentase keberhasilan 20% sedangkan nilai rata-rata siklus 1 adalah 74 dengan presentase keberhasilan 60% dan nilai rata-rata siklus 2 adalah 84,4 dengan presentase keberhasilan 92%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan, bahwa keterampilan menulis karya ilmiah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik kelas XI MM2 meningkat, itu dapat dilihat dari presentase keberhasilan yang mencapai 92% melebihi dari target yang ingin dicapain target yang ingin dicapai yaitu 90%. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan keterampilan menulis karya ilmiah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis masalah pada kelas XI MM2 SMK Muhammadiyah 2 Palembang meningkat, terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Drs. Danto, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Houtman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan Menulis Karya Ilmiah, Berbasis Masalah
Subjects: Bahasa Indonesia > Pemakaian Bahasa Indonesia Baku
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:16
Last Modified: 03 Sep 2021 06:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17238

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.