ANALISIS NILAI HISTORIS DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER MELAUI KAJIAN STRUKTURAL SEMIOTIK

DELA SINTAWATI, NIM 312017049 (2021) ANALISIS NILAI HISTORIS DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER MELAUI KAJIAN STRUKTURAL SEMIOTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017049_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
312017049_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR .pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

ABSTRAK Sintawati, Dela. 2021. Analisis Nilai Historis Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Melaui Kajian Struktural Semiotik. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (SI) Pembimbing (I) Dra. Hj. Listini, M.Pd. (II) Dr. Houtman, M.Pd. Kata Kunci: Novel, Historis, Struktural Semiotik Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja nilai historis melalui kajian struktural semiotik. Melalui novel secara tidak langsung dengan membaca dan menelaahnya mampu memberikan manfaat bagi pembacanya. Masalah dalam penelitian ini adalah: apa saja nilai historis melalui kajian struktural semiotik dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer? penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai historis melalui kajian struktural semiotik dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer yang terdiri dari 535 halaman 15 x 21 cm. penerbit Hasta Mitra. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer yaitu dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer mengandung nilai historis berupa realitas dan imajinasi yang dikaji melalui kajian struktural semiotik yang terdiri dari tiga tanda, yaitu (1) Tanda simbol dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer menjelaskan adanya permasalahan perbedaan sosial latar belakang kebudayaan Eropa dengan kaum terpelajar pribumi, (2) Tanda ikon dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer menjelaskan adanya ikon hubungan objek yang berdasarkan kemiripan atau persamaan ilmu pengetahuan tentang isebuah ipercetakan izincografi iatau yang saat iini idisebut dengan imesin ifotocopy dan dalam dunia pendidikan adanya penemuan listrik dan kendaraan yang digerakkan dengan tenaga uap dari minyak bumi. (3) Tanda indeks dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer menjelaskan adanya hubungan yang mempunyai jangkauan eksistensial sebab akibat yang menyebabkan pada masa kolonialisme Eropa memang sangat kental dengan tindakan ketidakadilan bagi bangsa pribumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Dr. Houtman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Novel, Historis, Struktural Semiotik
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 03:23
Last Modified: 04 Sep 2021 03:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.