ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI

Esti Handayani, NIM. 312017030 (2021) ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
312017030_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Handayani, Esti. 2021. Analisis Nilai Moral dalam Novel Arah Lagkah Karya Fiersa Besari, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing I. Drs. H. Refson, M.Pd. dan Pembimbing II. Dr. H. Haryadi,M.Pd. Kata kunci : nilai-nilai moral, novel Latar belakang penelitian ini untuk melengkapi pemahaman terhadap nilai-nilai moral dalam novel Arah Lagkah karya Fiersa Besari dan dapat memberikan manfaat kepada pembacanya. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa saja yang terdapat dalam novel Arah langkah karya Fiersa Besari. Tujuan penelitian ini untuk menemukan nilai-nilai moral dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Peneliti menganalisis data dengan membaca novel Arah Langkah karya Fiersa Besari secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman awal, membaca ulang novel lebih cermat untuk memperoleh informasi lebih banyak, membuat sinopsis novel berdasarkan hasil bacaan, menganalisis nilai-nilai moral dalam novel. Hasil analisis ini membuktikan bahwa dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari terkandung nilai-nilai moral. Yaitu (a) hubungan manusia dengan Tuhan terdiri atas iman kepada Allah, beribadah, bersyukur, bersabar (b) hubungan manusia dengan dirinya sendiri terdiri dari penyesalan dan rasa percaya diri (c) hubungan manusia dengan sesama manusia terdiri dari saling menghargai, tolong menolong dan memaafkan (d) hubungan manusia dengan alam terdiri dari menjaga kelestarian alam dan mengelola alam. Peneliti dapat menyarankan agar hasil Nilai-nilai moral dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari dipergunakan dengan sebaik mungkin oleh pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. H Refson, M.Pd. 2. Dr. H Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai moral, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:04
Last Modified: 31 Aug 2021 06:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.