ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Choirun Nisyah, NIM. 312017020 (2021) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
312017020_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

ABSTRAK Nisyah, Choirun. 2021. Analisis Nilai Pendidikan Moral Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (SI). FKIP. Pembimbing (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata Kunci: Novel, Nilai Pendidikan Moral Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja itu nilai pendidikan moral yang terjadi di dalam novel Guru Aini. Masalah dalam penelitian ini adalah: apa sajakah nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai pendidikan moral dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel karya Andrea Hirata yang berjudul novel Guru Aini yang terdiri dari 336 halaman dan mempunyai warna pink muda dan putih dengan tinggi 20 cm dan lebar 14 cm. penerbit Bentang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data berupa tabel rekapitulasi data dan teknik analisis data induktif. Hasil penelitian dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata mempunyai 5 jenis nilai pendidikan moral, yaitu: 1) Ajaran Moral, 2) Berperilaku Moral, 3) Perasaan Moral, 4) Pengetahuan Moral dan 5) Tindakan Moral. Manfaat hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebuah inspirasi dan memotivasi pembacanya agar memberikan apresiasi pada penulis novel seperti novel Guru Aini ini untuk bisa serta membuat pembaca memiliki hobi membaca dapat dijadikan contoh pembelajaran belajar mengajar untuk para calon guru baru dan para murid-murid sekolah agar tau manfaat membaca. Dengan membaca novel Guru Aini karya Andrea Hirata dapat membantu belajar dalam mengetahui nilai pendidikan moral yang bisa dipetik dan diterapkan nanti dalam menjalani kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Novel, Nilai Pendidikan Moral
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:39
Last Modified: 28 Aug 2021 03:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17092

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.