PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANCOMPACT DISC INTERAKTIVE (CD-i)BERBASIS SPARKOLVIDEOSCRIBE PADA MATERI TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.Skripsi thesis,Universitas Muhammadiyah Palembang.

HENDRI REGIANSYAH, NIM. 312017004 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANCOMPACT DISC INTERAKTIVE (CD-i)BERBASIS SPARKOLVIDEOSCRIBE PADA MATERI TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.Skripsi thesis,Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
312017004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Regiansyah, Hendri. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Compact Disc Interaktive (CD-i) Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Teks Biografi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Supriatini, S.Pd., M.Pd. (II) Drs. Refson, M.Pd. Kata kunci: pengembangan, compact disc interaktive (CD-i), sparkol videoscribe Minimnya media dan sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan peserta didik cepat merasa bosan. Terlebih lagi degan materi teks biografi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan kemampuan lebih untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran compact disc interaktive (CD-i) berbasis sparkol videoscribe pada materi teks biografi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan M. Alessi dan Trollip (2001). Sumber data pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan peserta didik kelas X MIPA Olimpiade SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket tanggapan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran compact disc interaktive (CD-i) berbasis sparkol videoscribe. penelitian ini menghasilkan media pembelajaran compact disc interaktive (CD-i) berbasis sparkol videoscribe pada materi Teks Biografi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang, dengan uji kelayakan media mendapatkan hasil 95,38%, kelayakan terhadap materi yang terdapat pada media mendapatkan hasil 97,7%, dan tanggapan peserta didik terhadap media compact disc interaktive (CD-i) berbasis sparkol videoscribe mendaptkan hasil 89,73%. Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran compact disc interaktive (CD-i) berbasis sparkol videoscribe pada materi teks biografi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang sangat layak digunakan sebagai media belajar yang efektif untuk peserta didik kelas X MIPA Olimpiade SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan pada guru dan peserta didik agar dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi guna menunjang efektifitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Drs.H.Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, compact disc interaktive (CD-i), sparkol videoscribe
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:52
Last Modified: 27 Aug 2021 02:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17081

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.