PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.

NOVITA HARIYATI, NIM. 312017038 (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017038_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312017038_BAB II_SAMPAI_ BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hariyati, Novita. 2021. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android pada Materi Menulis Puisi Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Supriatini, S.Pd., M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pengembangan, buku saku digital, menulis puisi Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis puisi sehingga membuat peserta didik merasa jenuh, kurang antusias, dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran menulis puisi. Oleh karena itu, guru harus menciptakan bahan ajar yang berinovasi, menarik, dan praktis untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis puisi. Untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar Buku Saku Digital Berbasis Android pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik Bahasa Indonesia terhadap buku saku digital berbasis android pada materi menulis puisi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Mendeskripsikan hasil rancangan pengembangan buku saku digital berbasis android pada materi menulis puisi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Mendeskripsikan hasil validasi buku saku digital berbasis android yang dikembangkan pada materi menulis puisi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar berbentuk buku saku digital berbasis android yang valid dan praktis. Kevalidan media pembelajaran didapatkan berdasarkan hasil uji alpha oleh validator ahli media dengan persentase 94,28% berkriteria sangat layak dan validator ahli materi dengan persentase 95,55% berkriteria sangat layak. Berdasarkan respon uji beta kelompok kecil (small group) terhadap media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 94,67% dengan kriteria sangat baik. Sehingga buku saku digital berbasis android ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada materi menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Sekolah Menegah Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku saku digital, menulis puisi
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:19
Last Modified: 25 Aug 2021 01:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.