PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG

ZARDA VIORENTIA, NIM. 322017005 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322017005_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
322017005_BAB II_SAMPAI TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Viorentia, Zarda. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Herasni Yaman,. M.M. (II) Samsilayurni, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kcerdasan Emosional,Hasil Belajar. Berbagai studi telah dilakukan dalam upaya menggali dan menganalisis variabel kecerdasan Emosional yang memiliki pengaruh dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk penelitian kali ini, peneliti lebih fokus pada sekolah menengah kejuruan. Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggnakan pendekatan kuantitatif dan korelasi. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke 40 siswa sampel penelitian, dokumentasi untuk memperoleh data nilai akhir rata-rata semester ganjil T.A. 2021-2021. Angket terdiri dari satu variabel yaitu variabel (X) Kecerdasan Emosional dengan 40 item pernyataan, sedangkan variabel (Y) Hasil Belajar Siswa mengambil data dari nilai semester ganjil. Analisis data yang digunakan adalah analisis pearson product moment dan analisis hipotesis. Berdasarkan analisis peneliti analisi diatas, menunjukkan bahwa antara variabel X (Kecerdasan Emosional) dengan variabel Y (hasil belajar siswa) menunjukkan nilai korelasi pearson atau rhitung yaitu 0,628 pada taraf 5% dan nilai rtabel yaitu 0,361. Dari nilai rhitung dan rtabel yaitu 0,628 > 0,361 sehingga menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah kuat. Dimana, jika rhitung> rtabel maka ada hubungan, dan nilai signifikansi 0,000. Dimana jika signifikansi < 0,05 maka hubungan kedua variabel signifikan. Jadi, Ada Pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Herasni Yaman, M.M. 2. Samsilayurni, S.Pd,. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kcerdasan Emosional, Hasil Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:35
Last Modified: 25 Aug 2021 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.