PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

ZAKIYATUN NAFIAH, NIM. 322017007 (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322017007_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322017007_BAB II_SAMPAI TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Nafiah, Zakiyatun. 2021. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Drs. H. Zalili Aziz, M.Pd (II) Samsilayurni, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar. Berbagai studi telah dilakukan dalam upaya menggali dan menganalisis variabel kecerdasan Intelektual yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk penelitian kali ini, peneliti lebih fokus pada sekolah menengah kejuruan. Apakah ada Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode korelasi.Teknik penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke 40 siswa sampel penelitian, dokumentasi untuk memperoleh data nilai akhir rata-rata semester ganjil T.A. 2020-2021. Angket terdiri dari satu variabel (X) Kecerdasan Intelektual dengan 29 item pernyataan, sedangkan variabel (Y) Hasil Belajar Siswa mengambil data dari nilai semester akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis pearson product moment dan analisis hipotesis. Berdasarkan analisis diatas, menunjukan bahwa antara variabel X (Kecerdasan Intelektual) dengan vasiabel Y (Hasil Belajar Siswa) menunjukan nilai korelasi pearson atau rhitung yaitu 0,715 pada taraf 5% dan nilai rtabel yaitu 0,312. Dari nilai rhitung dan rtabel yaitu 0,715 > 0,312 sehingga menunjukan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y memiliki tingkat hubungan yang kuat. Kemudian dari analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6,306 dengan signifikansi 0,000 dan nilai ttabel sebesar 1.68595. Maka thitung > ttabel atau 6,306 > 1.68595. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Palembang. Disarankan kepada para pendidik untuk selalu memberikan materi dengan metode pelajaran yang tepat agar mudah difahami siswa, serta sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bahwa faktor intelektual perlu diperhatikan guna membentuk kepribadian siswa, dan dapat pula menjadi pedoman bagi guru untuk memetakan kecerdasan dari setiap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd. 2. Samsilayurni, S.Pd,. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:03
Last Modified: 25 Aug 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.