PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DI SMA NEGERI KABUPATEN OKU SELATAN

NOVITASARI, NIM. 93218021 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DI SMA NEGERI KABUPATEN OKU SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93218021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93218021_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemandirian merupakan kesiapan dari individu yang mau dan mampu untuk belajar dengan inisiatif sendiri, tanpa bantuan pihak lain dalam hal penentuan tujuan belajar, metode belajar, dan evaluasi hasil belajar. Selain kemandirian belajar, minat juga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Minat adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa secara tetap dalam melakukan proses belajar. Mendikbud Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring selama wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pembelajaran daring dilakukan dengan disesuaikan kemampuan masing-masing sekolah. Belajar daring dapat menggunakan teknologi digital seperti google classroom, zoom, whatsapp group dan lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran biologi secara daring di SMA Negeri Kabupaten OKU Selatan?; 2) pengaruh minat belajar terhadap hasil pembelajaran biologi secara daring di SMA Negeri Kabupaten OKU Selatan?; 3) pengaruh kemandirian dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil pembelajaran biologi secara daring di SMA Negeri Kabupaten OKU Selatan?. Metode Penelitian: Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian: terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar biologi dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dengan nilai kontribusi kemandirian belajar siswa sebesar 47% sedangkan 53% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kesiapan dan kecerdasan anak, pada minat terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi dengan nilai signifikan sebesar 0,023 < 0,05 dengan nilai kontribusi minat belajar siswa sebesar 45% sedangkan 55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kebiasaan dan kemauan belajar dan pada kemandirian dan minat belajar secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai kontribusi kemandirian dan minat secara bersama-sama sebesar 52% sedangkan 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu kompetensi guru dan metode pembelajaran. Kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar dengan nilai kontribusi sebesar 47 % dan 53% dipengaruhi variabel lain; 2) Terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar dengan nilai kontribusi minat belajar siswa sebesar 45% dan 55% dipengaruhi oleh variabel lain; 3) Terdapat pengaruh kemandirian dan minat secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan nilai kontribusi sebesar 52% sedangkan 48% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Dr. Herman Seri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, SMA Negeri Kabupaten OKU Selatan
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:21
Last Modified: 18 Aug 2021 04:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.