ANALISIS ETIKA PERSAHABATAN REMAJA DALAM NOVEL NOW US KARYA AIU AHRA

SRI HARTATI, NIM. 312017008 (2021) ANALISIS ETIKA PERSAHABATAN REMAJA DALAM NOVEL NOW US KARYA AIU AHRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017008_BAB I _DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
312017008_BAB II _SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hartati, Sri. 2021. Analisis Etika Persahabatan Remaja dalam Novel Now Us Karya Aiu Ahra. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Mulyati., dan (II) Dr. Houtman, M.Pd. Kata kunci: etika persahabatan, novel. Teman dan sahabat merupakan sosok yang berharga dalam kehidupan seseorang. Persahabatan yang terjalin antara remaja tidak sama dengan persahabatan yang lainnya. Dia akan selalu memengaruhi ruh, hati, pikiran dan perasaannya. Seseorang remaja berusaha mencari sahabat yang dapat berbagi rasa, dapat mempercayainya, dan dapat menjadi tempat mencurahkan segala masalah pribadi yang dihadapinya. Masalah dalam penelitian ini adalah etika persahabatan remaja apa saja yang terdapat dalam novel Now Us Karya Aiu Ahra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika persahabatan remaja dalam novel Now Us Karya Aiu Ahra. Manfaat penelitian ini adalah 1) secara teoritis; (1) hasil penelitian ini dapat menjadi bahan untuk menambah pengetahuan, (2) hasil penelitian dapat dijadikan sumber atau bahan bagi para peneliti. 2) secara praktis; (1) hasil penelitian ini dapat membantu dan memahami novel tersebut, (2) hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti dari bidang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Now Us Karya Aiu Ahra. Terbit 2019. Diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, dengan jumlah halaman 264 halaman. Hasil penelitian data bahwa novel Now Us Karya Aiu Ahra mengandung etika persahabatan, di antaranya 1) etika persahabatan dalam bentuk ketulusan, meliputi (1) rela berkorban, (2) memberikan dukungan positif, dan (3) memberi hadiah kepada sahabat. 2) etika persahabatan dalam bentuk kepercayaan, meliputi (1) kejujuran, (2) melewati masa sulit bersama, dan (3) selalu bersama. 3) etika persahabatan dalam bentuk kepedulian, meliputi (1) mengkhawatirkan sahabatnya, dan (2) saling membantu. 4) etika persahabatan dalam bentuk kesetiaan, meliputi (1) tidak pernah saling melupakan, dan (2) memprioritas sahabatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Dr. Houtman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: etika persahabatan, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Aug 2021 03:08
Last Modified: 14 Aug 2021 03:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.