PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA GURU TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN LINTANG KANAN KABUPATEN EMPAT LAWANG

Dina Peronika, NIM. 332016014 (2021) PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA GURU TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN LINTANG KANAN KABUPATEN EMPAT LAWANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
332016014_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)

Abstract

ABSTRAK Peronika, Dina. 2021. Pengaruh Kemampuan Matematika Guru Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SD Negeri Di Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana (S1).Fakultas Kegutuan Dan Ilmu Pendidikan Unversitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (i) Dr Bonita Hirza, M.Pd. (ii) Agus Supriadi, M.Si. Kata kunci: kemampuan matematika guru, kemampuan matematika siswa. Kemampuan adalah sesuatu yang dimiliki oleh sesorang melalui pekerjaan yang dilakukan. Kemampuan guru merupakan kemampuan atau kesanggupan guru dalam melaksanakan tugas berupa kemampuan keilmuan baik pengetahuan dan kepribadian sehingga mampu mewujudkan kemampuan materi-materi pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik.Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan matematika guru terhadap kemampuan matematika siswa SD negeri di kecamatan lintang kanan kabupaten empat lawang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan SD negeri di Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang penulis mengunpulkan data menggunakan tes soalUN matematika 2019. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dibantu program SPSS version 25.0 for windows. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dari 96 guru SD yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sebagian besar kemampuan matematika guru SD adalah dalam kategori cukup yaitu sebanyak 38 orang (39,58%) dan bahwa dari 158 siswa SD yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sebagian besar kemampuan matematika siswa SD adalah dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil ada pengaruh kemampuan matematika guru dengan kemampuan matematika siswa. Nilai koefisien korelasi adalah atas dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (R) adalah sebesar 0,486. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) dalam model regresi ini adalah sebesar 0,236. Artinya bahwa kemampuan matematika guru memberikan pengaruh sebesar 23,6% terhadap kemampuan matematika siswa, dan sisanya sebesar 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan dari hasil diatas ada pengaruh kemampuan matematika guru terhadapa kemampuan matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Bonita Hirza, M.Pd. 2. Agus Supriadi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kemampuan matematika guru, kemampuan matematika siswa.
Subjects: Matematika > Simulasi Matematis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:27
Last Modified: 04 Aug 2021 04:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.