KEKUATAN HUKUM DAN SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIPENUHI ATAS KETERANGAN SAKSI YANG TIDAK DISUMPAH DALAM PERKARA PIDANA

A. Dia Rifki Amanda, NIM. 502015340 (2021) KEKUATAN HUKUM DAN SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIPENUHI ATAS KETERANGAN SAKSI YANG TIDAK DISUMPAH DALAM PERKARA PIDANA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502015340_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
502015340 BAB II _SAMPAI BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK KEKUATAN HUKUM DAN SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIPENUHI ATAS KETERANGAN SAKSI YANG TIDAK DISUMPAH DALAM PERKARA PIDANA OLEH A DIA RIFKI AMANDA Tujuan yang bermaksud untuk mengetahui kekuatan hukum dan syarat-syarat yang harus dipenuhi atas keterangan saksi yang tidak disumpah dalam perkara pidana. Untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kekuatan hukum atas keterangan keterangan saksi yang tidak disumpah dalam perkara pidana dan Apakah yang menjadi dasar bagi saksi untuk dapat memberikan keterangan tanpa disumpah dalam perkara pidana. Penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum Normatif yang bersifat deskriptif sehingga tidak berkehendak menguji hipotesis. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan : Kekuatan hukum atas keterangan saksi yang tidak disumpah, dapat menjadi alat bukti petunjuk dalam perkara pidana. dan Syarat-syarat dasar bagi saksi untuk dapat memberikan keterangan tanpa disumpah, adalah bahwa anak yang umurnya belum cukup lima belas tahun dan belum pernah kawin dan orang sakit ingatan atau sakit jiwa meskipun kadang-kadang ingatannya baik sekali, boleh diperiksa tetapi dalam memberikan keterangannya tidak diwajibkan bersumpah, kecuali ditentukan lain dalam undang-undang, maka tidak dapat di dengar keterangannya dan dapat mengundurkan diri sebagai saksi, akan tetapi tidak disetujui oleh penuntut umum serta terdakwa, orang yang bersangkutan diperbolehkan memberikan keterangan tanpa disumpah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mona Wulandari, SH.,MH 2. Ridwan Hayatuddin, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kekuatan Hukum, Keterangan Saksi, Sumpah, Tindak Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:48
Last Modified: 16 Jul 2021 03:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.