IDENTIFIKASI SPESIES BURUNG DI TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA KOTA PALEMBANG

Korik Azhar, NIM. 452015015 (2021) IDENTIFIKASI SPESIES BURUNG DI TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452015015_BAB_I_DAN_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
452015015_BAB II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis is tingkatkekayaan dan keanekaragaman spesies burung yang di temukan di dalam area Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberadaan spesies burung di dalam area Taman Purbakala Kerajaan sriwijaya. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulanJuli-Agustus2020. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif data diambil dengan metode “pointcount” atau IPA (Index Point of Abundance) yaitu dengan mencatat jumlah populasi burung kemudian data di olah untuk mengetahui index kekayaan jenis, index keanekaragaman spesies, dan index kemerataan spesies. Hasil penelitian yang di peroleh Kekayaan jenis burung pada Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya termasuk kriteria tinggi hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan indeks kekayaan burung yang memperoleh nilai rata-rata indeks R > 5,0 yaitu termasuk dalam kriteria tinggi dan indeks kemerataan jenis pada setiap transek termasuk rendah,karena kurang dari < 0,3. Keaneragaman jenis burung pada Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pohon-pohon yang tumbuh kurang rapat membuat ketersediaan pakan bagi burung tidak tercukupi selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut adalah penyebaran spesies,dominansi,faktor pembatas,kompetisi,dan adanya predator dan lingkungan yang mendukung sehingga beberapa spesies dapat menyebar dalam areal tersebut .Faktor yang mempengaruhi spesies burung didalamTaman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kota Palembang yaitu tutupan lahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Asvic Helida S.Hut, M.Sc 2. Octavia Susilowati S.Hut, M.P
Uncontrolled Keywords: Burung, Aves, Spesies, Taman Purbakala, Identifikasi
Subjects: Kehutanan > Konservasi Sumber Daya Alam
Kehutanan > Pengelolaan satwa Liar
Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:33
Last Modified: 09 Aug 2021 03:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16854

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.