UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUSKELAS VIII.a DI SMP NEGERI 1 AIR SALEH

TIS'A KOMALA, NIM. 332015001 (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUSKELAS VIII.a DI SMP NEGERI 1 AIR SALEH. Skripsi thesis, Universita Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
332015001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
332015001_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Tis’a Komala. 2021.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Ekspositori Pada Materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII.a di SMP Negeri 1 Air Saleh. Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, Program Sarjana Strata Satu (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pelembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (II) Muslimin, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, ekspositori, persamaan garis lurus. Rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII.a SMP Negeri 1 Air Saleh pada materi persamaan garis lurus disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sikap siswa yang tidak ikut berperan aktif dengan hanya duduk diam menerima informasi yang diberikan guru dan tidak mau menjawab ataupun bertanya kepada guru jika materi belum dimengerti, akibatnya siswa cenderung malas, dan jenuh, di dalam proses belajar mengajar, yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, harus dicari alternatif pemecahan masalah diatas dengan menerapkan siswa lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan model ekspositori kelas VIII.a di SMP Negeri 1 Air Saleh ? (2) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran ekspositori pada proses pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus kelas VIII.a SMP Negeri 1 Air Saleh ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus melalui model pembelajaran ekspositori kelas VIII.a di SMP Negeri 1 Air Saleh. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap model ekspositori pada proses pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus kelas VIII.a SMP Negeri 1 Air Saleh. Penelitiaan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Jumlah subjek yang diteliti ada 29 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi peneliti, dan hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal > 75 berjumlah 21 orang dengan persentase 72,91% dan 8 siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal < 75 dengan persentase 27,09%. Pada siklus II terdapat 24 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal ≥ 75 dengan persentase 82,75% dan 5 siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal < 75 dengan persentase 17,25% yang berarti hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori pada materi luas persamaan garis lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.a SMP Negeri 1 Air Saleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Muslimin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, ekspositori, persamaan garis lurus.
Subjects: Matematika > Ilmu Ukur (Geometri)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:03
Last Modified: 29 Jun 2021 07:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.