PENERAPAN METODE PENGAJARAN RASULULLAH SAW PADA PONDOK PESANTREN MUTIARA SUNNAH UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN ISLAM

AYU NUR MUSLIMAH, NIM. 612016052 (2020) PENERAPAN METODE PENGAJARAN RASULULLAH SAW PADA PONDOK PESANTREN MUTIARA SUNNAH UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016052_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “PENERAPAN METODE PENGAJARAN RASULULLAH SAW PADA PONDOK PESANTREN MUTIARA SUNNAH UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN ISLAM” penelitian ini dilatarbelakangi dengan penerapan metode pengajaran Rasulullah SAW di Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang, yang menurut penulis metode tersebut sangatlah tepat digunakan dalam dakwah khususnya bagi orang-orang yang awwam, seperti santri-santri yang baru masuk ke Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang. Penerapan metode ini sangat berpengaruh dan memberikan dampak perubahan pengamalan keislaman bagi para santri yang berada di Pondok tersebut. Dalam hal ini, Pondok Pesantren Mutiara Sunnah telah berhasil dalam meningkatkan pengamalan Islam para santri baik dalam hal yang wajib maupun yang sunnah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengamalan Islam para santri di Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang dengan menggunakan Metode Pengajaran Rasulullah SAW dalam Dakwah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, dan dari sumber data penelitiannya yaitu dari populasi dan sampel beserta teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah santri kelas 2 Salafiyah Wustha Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan quesioner (angket) disebarkan langsung ke santri kelas 2 SW sebanyak 31 quesioner. Metode statistik menggunakan analisis persentase, yang selanjutnya di deskrpsikan dengan kata-kata. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah santri yang menjadi sempel menunjukkan bahwa penerapan metode pengajaran Rasulullah SAW dalam dakwah pada pondok pesantren mutiara sunnah telah berhasil dalam meningkatkan pengamalan Islam para santri di pondok tersebut, hal ini dapat dibuktikan dengan rajinnya para santri dalam melaksanakan amalan Islam baik yang wajib maupun yang sunnah. Pengamalan Islam para santri ini tidak hanya dilakukan di lingkungan pondok pesantren, namun juga dilaksanakan ketika mereka telah kembali ke rumah mereka masing-masing. Kata Kunci: Pengajaran, Pengamalan Islam, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum. 2. Fikri Junanda S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Pengamalan Islam, Pondok Pesantren
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Jun 2021 02:12
Last Modified: 26 Jun 2021 02:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.