Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Destrilia, NIM. 342014144 (2021) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014144_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
342014144_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Destrilia. 2021. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (1) Susi Dewi, S.Si.,M.Si., (2) Lia Auliandari, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci: Deskriptif Kuantitatif, LKPD dengan Model Discovery Learning, Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya Lembar Kerja Peserta Didi (LKPD) pada materi Pencemaran Lingkungan yang membutuhkan keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah peserta didik. Pembuatan LKPD diterapkan dengan Model Discovery Learning agar saat pelaksanaan pembelajaran peserta didik lebih terarah. LKPD diuji kelayakannya oleh Expert review untuk memenuhi kaidah dari segi penulisan, isi, dan penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Discovery Learning berdasarkan penilaian Expert review pada materi pencemaran lingkungan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk penilaian kelayakan berdasarkan Expert review (meliputi dua validator bahan ajar, dua validator materi, dan dua guru) dengan menggunakan angket. Analisis data mengacu pada modifikasi Azwar rentang skor 1-5 dengan interprestasi kelayakan (sangat tidak layak, kurang layak, cukup layak, layak dan sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKPD berdasarkan penilaian dari validator bahan ajar adalah 95 (layak), penilaian dari validator materi adalah 70,5 (layak) dan penilaian dari guru adalah 82 (layak). Walaupun telah dinyatakan layak namun terdapat revisi mengenai gambar yang perlu diperjelas lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Lia Auliandari, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Deskriptif Kuantitatif, LKPD dengan Model Discovery Learning, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:30
Last Modified: 23 Jun 2021 06:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.