UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI SMA AL-IHSAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

ISMIYATI, NIM. 622017031 (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI SMA AL-IHSAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017031 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
622017031 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku menyimpang pada peserta didik erat kaitannya dengan tugas guru pendidikan agama Islam yaitu mengajarkan peserta didiknya agar terarah sesuai dengan ajaran agama Islam. Karena pendidik merupakan aset bagi masa depan bangsa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: bagaimana penyimpangan perilaku siswa di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, apa sajakah faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang pada peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perilaku menyimpang pada peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, faktor-faktor penyebabnya dan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku menyimpang peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Bentuk-bentuk penyimpangan perilaku siswa di SMA Al-Ihan Tanjung Lago diantaranya, membolos atau pergi tanpa izin, merokok diwarung, berkelahi, melanggar tata tertib sekolah, melawan guru. Faktor-faktor penyebab penyimpangan peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago ada tiga faktor utama. Faktor teman, faktor keluarga dan faktor masyarakat. Faktor masyarakat karena pengaruh masyarakat kurang baik, faktor teman karena tman sebaya mempunyai pengaruh besar dalam bergaul sedang ia tidak mempunyai pendirian dan faktor keluarga karena kurangnya kasih sayang dan perhatian keluarga. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku menyimpang peserta didik di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago adalah, preventif yaitu mencegah perilaku menyimpang, misalnya penyimpangan ringan yaitu: membolos, terlambat sekolah, mencontek, perilaku tidak sopan da lain-lain. Hal ini dilakukan dengan memberikan kegiatan bernuansa keagamaan. Represif yaitu menghalangi timbulnya penyimpangan yang lebih besar seperti merazia barang yang dibawa siswa, misalnya menasehati dan memberi peringatan. kuratif dan rehabilitas yakni memperbaiki individu yang melakukan perilaku menyimpang. Juga dengan pendidikan agama serta menyediakan lembaga konseling untuk penanganan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Menyimpang
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:02
Last Modified: 08 Jun 2021 05:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.