ANALISIS DAN OPTIMALISASI ANTRIAN ROASTING BIJI KOPI DENGAN METODE HYPEREXPONENTIAL (STUDI KASUS UKM KOPI BELOE TANGGAMUS LAMPUNG)

MUHAMAD ARIFIN, NIM. 152015052 (2021) ANALISIS DAN OPTIMALISASI ANTRIAN ROASTING BIJI KOPI DENGAN METODE HYPEREXPONENTIAL (STUDI KASUS UKM KOPI BELOE TANGGAMUS LAMPUNG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152015052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
152015052_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem antrian roasting yang terdapat pada UKM Kopi Beloe dan mengoptimalkan sistem antrian roasting biji kopi di UKM Kopi Beloe. Hal tersebut dilakukan agar perbaikan atau optimalisasi sistem antrian roasting dapat terlihat dengan jelas perbaikan sistemnya. Manfaat penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi masukan bagi UKM terkait dengan peningkatan sistem antrian pada proses roasting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hyperexponential, hasil penelitian ini menghitung antrian roasting biji kopi dengan menggunakan 1 mesin dan 2 mesin roasting agar dapat dilakukan perbandingan. Hasil perhitungan jumlah kedatangan konsumen selama 12 hari penelitian adalah 2.047 Kg, dengan rata-rata kedatangan konsumen (λ) sebanyak 28 Kg per jam. Sedangkan untuk waktu rata-rata kedatangan jika menggunakan 2 mesin menjadi 14 Kg per jam dengan menggunakan perhitungan yang sama hanya berbeda pada jam kerja mesin yang menjadi 12 jam kerja per hari. Sehingga untuk proses roasting dapat lebih cepat jika menggunakan 2 mesin. Kata Kunci : Sistem Antrian, Single Channel, Hyperxponential.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rurry Patradhiani, S.T., M.T., 2. Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Antrian, Single Channel, Hyperxponential.
Subjects: Manajemen > manajemen perindustrian
Manajemen > manajemen perusahaan kecil dan besar
Manajemen > manajemen produksi
Manajemen > produksi dan industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:32
Last Modified: 04 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.