Hambatan Guru Biologi dalam Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di SMA Kecamatan Seberang Ulu II Palembang

DELA KISMINANTI, NIM. 342016029 (2021) Hambatan Guru Biologi dalam Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di SMA Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
342016029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Kisminanti, Dela. 2021. Hambatan Guru Biologi Dalam Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di SMA Kecamatan Seberang Ulu Ii Palembang, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Susi Dewiyeti, S.Si.,M.Si. (II) Lia Auliandari, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci: Standar Proses, TIK, Biologi. Standar proses ditujukan pada kegiatan perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dalam paradigma pendidikan Abad 21. Salah satu keterampilan yang menjadi fokus kompetensi Abad 21 adalah keterampilan dalam menguasai media teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui hambatan yang dihadapi oleh guru Biologi dalam implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMA Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Sampel yang digunakan adalah 9 orang guru biologi di SMA Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman (2009) yang melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dari identifikasi hambatan guru biologi dalam penerapan standar proses dengan penggunaan TIK terdapat enam butir angket yang menunjukkan adanya hambatan dalam penerapan standar proses dengan penggunaan TIK, yaitu butir 1 penyusunan silabus dan RPP, butir 6 penggunaan media berbasis TIK, butir 8 dan butir 9 menggunakan sumber belajar berbasis TIK, butir 11 pengelolaan kelas dengan TIKdan butir 18 prosespembelajaran dengan TIK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. SusiDewiyeti, S.Si.,M.Si. 2. Lia Auliandari, S.Si.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: standar proses, TIK, Biologi
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Aug 2021 07:54
Last Modified: 11 Aug 2021 07:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16587

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.