FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI PADI SAWAH DALAM BERUSAHATANI KEDELAI DI DESA LEBAK BUDI KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

HERU SAPUTRA, NIM. 412015049 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI PADI SAWAH DALAM BERUSAHATANI KEDELAI DI DESA LEBAK BUDI KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015049 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
412015049 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

ABSTRAK HERU SAPUTRA. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Dalam Berusahatani Kedelai Di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat (Dibimbing oleh RAFEAH ABUBAKAR dan MUHAMAD SIDIK). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana faktor luas lahan, Harga Jual, pengalaman, dan Pendapatan dalam mempengaruhi keputusan petani dalam berusahatani kedelai serta ingin mengetahui berapa besar pendapatan petani kedelai di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lebak Budi pada bulan November–Januari 2021. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengolahan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa pendapatan yang diterima dari usahatani kedelai di Desa Lebak Budi sebesar Rp. 6.536.050 perluas garapan permusim tanam atau Rp. 8.750.000 per hektar permusim tanam. Sedangkan faktor keputusan petani padi dalam mengusahakan usahatani kedelai pada musim tanam kedua adalah karena harga jual yang memiliki nilai eksponensial variabelnya sebesar 0,968. Tingginya harga kedelai akan membuat petani padi tetap mengusahakan usahatani kedelai pada musim tanam kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si 2. Muhammad Sidik, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, keputusan
Subjects: Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 29 May 2021 06:48
Last Modified: 29 May 2021 06:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16521

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.