AIDATUL NURJANAH, 412016018 (2021) ANALISIS PEMASARAN SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA MULYO REJO KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
412016018 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
412016018 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
Abstract
ABSTRAK AIDATUL NURJANAH, Analisis Pemasaran Semangka (Citrullus Lanatus) di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. (Dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA dan YULLIAH PEROZA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran semangka non biji dan untuk menghitung elastisitas transmisi harga semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Pada Bulan Desember 2020 sampai dengan Februari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode sensus (Sampling Jenuh) dan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, coding dan tabulating. Analisis data yang digunakan adalah elastisitas transmisi harga yang diolah menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 saluran pemasaran semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu: Saluran I dari petani ke pedagang pengumpul I dijual ke pedagang pengecer dan terkahir dijual ke konsumen akhir. Saluran II dari petani ke pedagang pengecer lalu dijual ke konsumen akhir. Saluran III dari petani langsung ke konsumen akhir. Saluran 4 dari petani ke pedagang pengumpul lalu di jual ke luar Desa. Nilai elastisitas transmisi harga pada empat saluran pemasaran semangka non biji di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adalah Et > 1, nilai tersebut mengidentifikasikan jika perubahan harga sebesar 1% ditingkat pengecer akan mengakibatkan perubahan harga lebih besar dari 1% di tingkat petani. Artinya elastisitas transmisi harga semangka non biji adalah bersifat elastis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sisvaberti Afriyatna, SP., M.Si 2. Yulliah Peroza, SP., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Saluran Pemasaran dan Elastisitas Transmisi Harga. |
Subjects: | Agribisnis > pemasaran pertanian |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Pertanian |
Date Deposited: | 28 May 2021 07:11 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:11 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16520 |
Actions (login required)
View Item |