PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI 3 MULAK ULU KAB. LAHAT

Elta Oktalena, 622017044 (2021) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI 3 MULAK ULU KAB. LAHAT. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
622017044 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017044 BAB I_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan merupakan alat kelengkapan yang langsung berhubungan dengan mutu pendidikan dalam rangka mencapai tujuannya, karena mempengaruhi efisiensi proses belajar mengajar. Peranan perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar terlihat jelas, mengingat proses belajar mengajar modern menggunakan beberapa metode antara lain: tanya jawab, ceramah, diskusi dan lain-lain. Dengan metode tersebut peranan siswa dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya mendengarkan ceramah dari guru secara pasif, tetapi harus melakukan beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan belajar mengajar seperti pemanfaatan perpustakaan sekolah. Penulis tertarik untuk meneliti tentang pemanfaatan perpustakaan yang ada di SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat, Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat, Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat. Dalam penulisan skripsi ini, yang menjadi sampel adalah siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat yang berjumlah 34 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini pada intinya menggunakan analisis statistik korelasi product moment untuk melihat hasil penelitian tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat termasuk dalam kategori sangat baik. Setelah penulis menganalisis dan mengolah data diperoleh nilai rxy sebesar 4,888 apabila dikonsultasikan dengan tabel korelasi product moment untuk nilai N = 34, selanjutnya dicari df nya dengan mengurang jumlah responden dengan jumlah variabel jadi df nya = 34 – 2 = 32, pada urutan df nya didapat nilai taraf signifikasi 5% = 0,349 sedangkan pada taraf signifikasi 1% = 0,449 sehingga 0,349 < 4,888 > 0,449 jadi nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulak Ulu Kab. Lahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd 2. Ayu Munawwaroh, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 May 2021 03:52
Last Modified: 28 May 2021 03:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.