Rina safitri, Nim: 622017053 (2021) PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 MUARA PADANG BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622017053_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622017053_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan sistem pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tingkat pemahaman siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan sistem pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 10 Muara Padang?. 2) Seberapa besar tingkat pemahaman siswa dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sistem pembelajaran online di Sekolah Dasar Negeri 10 Muara Padang?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem pembelajaran online pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 10 Muara Padang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer, yaitu sumber yang diperoleh langsung dari informan yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, murid, dan wali murid SD Negeri 10 Muara Padang. Sumber data sekunder yaitu sumber data tambahan yang berupa tulisan, buku, dan bentuk dokumen lainnya yang berkaitan dengan obyek yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang digunakan peneliti sebagaimana yang dikemukakan Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 10 Muara Padang yaitu dengan menggunakan grub Whatsapp. Adapun tingkat pemahaman siswa dalam penerapan sistem pembelajaran online yaitu hanya 40%. Adapun faktor pendukung dalam penerapan pembealajaran online yaitu pihak sekolah memfasilitasi kuota internet untuk siswa, dan faktor penghambatnya yaitu Sinyal yang tidak stabil, Banyaknya waktu yang terbuang bagi siswa karena banyak bermain game, Kurangnya pengetahuan siswa dan orang tua mengenai elektronik, dan tidak memiliki handphone untuk mengikuti pembelajaran online. Kata kunci : Pembelajaran Online, Pendidikan Agama Islam, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Helyadi, S.H, M.H 2. Zulkipli, S.Ag, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online, Pendidikan Agama Islam, Pemahaman |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 31 May 2021 04:33 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:33 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16501 |
Actions (login required)
View Item |