ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI KARET DI DESA KARYA MUKTI KECAMATAN MESUJI

SADAM SANDYAGO, NIM. 412016049 (2021) ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI KARET DI DESA KARYA MUKTI KECAMATAN MESUJI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412016049_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412016049_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar pendapatan usahatani karet, menganalisis besar pengeluaran rumah tangga petani karet dan menganalisis apakah pendapatan usahatani karet dapat memenuhi pengeluaran rumah tangga petani. Penelitian ini dilaksanakan secara sengaja dari bulan Oktober sampai Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan responden masyarakat yang memiliki lahan perkebunan karet dan mengusahakannya. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder yang ada hubungan dalam penelitian ini. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode acak sederhana (Simple Random Sampling). Untuk mengetahui besar pendapatan usahatani karet dan besar pengeluaran rumah tangga petani karet dilakukan secara metematis kemudian dijelaskan secara deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk mengetahui apakah pendapatan usahatani karet dapat memenuhi pengeluaran rumah tangga petani dilakukan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pendapatan usahatani karet yaitu Rp. 2.487.595/lg/bln dan rata-rata pengeluaran rumah tangga yaitu Rp. 1.707.469/bln. Selanjutnya diketahui bahwa pendapatan usahatani sudah dapat memenuhi pengeluaran rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si 2. Puri Pratami Ardina Ningrum, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Usahatani, Pengeluaran Rumah Tangga
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 28 May 2021 06:28
Last Modified: 28 May 2021 06:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.