ANALISIS GAYA BELAJAR DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PENUKAL

NETA OKTAIANI, NIM. 332013042 (2021) ANALISIS GAYA BELAJAR DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PENUKAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332013042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
332013042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Oktaviani, Neta. 2021. Analisis Gaya Belajar Dan Hubungannya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Penukal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata Satu (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. Rusdy A. Siroj, M Pd., Pembimbing (2) Nyimas Indah K, S.Si., M.Pd Kata kunci : gaya belajar, hasil belajar. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor dari luar diri siswa dan juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah gaya belajar. Gaya belajar pada umumnya terbagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Setiap dari siswa pasti mempunyai ketiga dari gaya belajar tersebut namun dari ketika gaya belajar tersebut hanya ada satu gaya belajar yang mendominasi. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik? 2. Bagaimana hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Auditori? 3. Bagaimana hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual?. Tujuan dalam penelitiaan ini adalah 1. pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar 2. pengaruh gaya belajar Auditori terhadap hasil belajar 3. pengaruh gaya belajar Visual terhadap hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Penukal sebanyak 51 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar yang memuat pertanyaan positif. Berdasarkan angket gaya belajar yang diisi oleh siswa bahwa 17 orang siswa mempunyai gaya belajar visual dengan nilai rata-rata 75,3, 14 orang siswa mempunyai gaya belajar auditori dengan rata-rata hasil belajar 73,3 dan 14 orang siswa mempunyai gaya belajar kinestetik dengan rata-rata 75,9. Yang berarti hasil belajar dari siswa yang mempunyai gaya belajar visual auditori dan kinestetik tergolong kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar memiliki efek potensial terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : (1) Dr. Rusdy A. Siroj, M Pd., Pembimbing (2) Nyimas Indah K, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 May 2021 06:50
Last Modified: 27 May 2021 06:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.