PERAN MODAL SOSIAL PADA KELOMPOK TANI PADI ORGANIK DALAM MENDAPATKAN SERTIFIKASI PADI ORGANIK DI KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR

BARKAH TRIANTORO, NIM. 412016022 (2021) PERAN MODAL SOSIAL PADA KELOMPOK TANI PADI ORGANIK DALAM MENDAPATKAN SERTIFIKASI PADI ORGANIK DI KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
412016022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
412016022_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis peranan modal sosial kelompok tani dalam mendapatkan sertifikasi padi organik di Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur pada bulan November 2020 sampai Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan survey. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan pertimbangan sample yaitu petani yang paham dalam proses mendapatkan padi organik bersertifikat dan rekomendasi langsung dari masing-masing ketua Gapoktan, dimana dalam penelitian ini terdapat 2 contoh desa telah mengembangkan padi organik bersertifikat, yaitu (1) Desa Sumber Suko dengan Gapoktan Sumber Makmur dan (2) Desa Triyoso dengan Gapoktan Rukun Sejahtera berjumlah 43 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung terhadap responden, data sekunder diperoleh dari berbagai sumber pustaka, dinas atau instansi terkait serta lembaga-lembaga yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Metode pengolahan data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan mengguunakan Skala Likert dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran modal sosial pada kelompok tani padi organik bersertifikat di Kecamatan Belitang memiliki modal sosial yang sangat baik yaitu kepercayaan, norma sosial, dan jaringan sosial dengan mendapatkan indeks modal sosial 84,47%. Modal sosial yang paling mendominasi pada variabel kepercayaan, kemudiaan diikuti jaringan sosial dan norma sosial. Tingginya modal sosial membuat kelompok tani padi organik di Kecamatan Belitang bisa mencapai tujuan yaitu mendapatkan sertifikasi padi organik dan bisa bertahan sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rahmat Kurniawan, S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Modal Sosial, Kelompok Tani, Padi Organik Bersertifikat
Subjects: Agribisnis > Struktur pertanian
Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 25 May 2021 02:30
Last Modified: 25 May 2021 02:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.